Apa itu Model Bisnis SKAMPER?
July 27, 2023 2 Comments Ari Usman,Digital Marketing Ari Usman

Model bisnis SKAMPER adalah sebuah metode kreatif yang digunakan untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovasi dalam pengembangan atau penyempurnaan model bisnis. SKAMPER adalah akronim yang masing-masing hurufnya mewakili suatu teknik atau pertanyaan yang bisa digunakan untuk merangsang pemikiran kreatif. Metode ini dikembangkan oleh Bob Eberle sebagai cara untuk membantu individu atau tim dalam proses berpikir kreatif dan menghadapi tantangan dalam bisnis.

Berikut adalah penjelasan singkat dari setiap elemen SKAMPER:

Substitute (Menggantikan)

Pertanyaan dalam tahap ini adalah bagaimana kita bisa menggantikan suatu elemen atau komponen dalam model bisnis dengan sesuatu yang berbeda? Misalnya, menggantikan bahan baku, alat, atau metode dengan alternatif yang lebih efisien atau inovatif.

Kombine (Menggabungkan)

Dalam langkah ini, kita mencari cara untuk menggabungkan dua atau lebih elemen atau ide dalam model bisnis untuk menciptakan sesuatu yang baru atau lebih kompleks. Contohnya, menggabungkan dua produk atau layanan yang terpisah menjadi satu paket yang lebih menarik.

Adapt (Adaptasi)

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kita dapat mengadaptasi elemen atau ide yang sudah ada dalam model bisnis kita dari konteks lain. Misalnya, mengadaptasi suatu strategi pemasaran dari industri lain untuk digunakan dalam bisnis kita.

Modify (Modifikasi)

Bagaimana kita dapat memodifikasi atau mengubah bagian-bagian tertentu dari model bisnis untuk meningkatkan kinerja atau efisiensi? Contohnya, mengubah proses produksi untuk mengurangi biaya atau memperbaiki kualitas produk.

Put to other uses (Memanfaatkan untuk Tujuan Lain)

Pertanyaan ini mendorong kita untuk berpikir tentang cara-cara baru untuk memanfaatkan elemen atau aset yang sudah ada dalam model bisnis untuk tujuan yang berbeda. Misalnya, menggunakan teknologi yang sudah ada untuk menyediakan layanan baru atau menciptakan pasar baru.

Eliminate (Menghilangkan)

Apa saja elemen atau langkah-langkah yang dapat dihilangkan dari model bisnis kita tanpa mengurangi nilai atau kualitas? Pertanyaan ini membantu untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan proses bisnis.

Reverse (Membalik)

Dalam tahap ini, kita mempertanyakan apakah kita bisa membalik elemen atau proses dalam model bisnis secara terbalik, menciptakan pendekatan yang berbeda. Misalnya, memikirkan cara-cara baru untuk memberikan layanan sebaliknya, dari akhir ke awal proses.

Metode SKAMPER membantu individu atau tim dalam melihat model bisnis dari berbagai sudut pandang dan merangsang pemikiran kreatif untuk inovasi dan perbaikan. Ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah atau kesulitan dalam bisnis, mengidentifikasi peluang baru, dan menciptakan solusi yang unik dan efektif.

Tags
About The Author
Ari Usman Seorang Praktisi IT di Bidang Digital Marketing dan Dosen di Bidang Teknik Informatika
Leave Comment
  1. 1

    Teknik Telekomunikasi

    Bagaimana menentukan model bisnis yang tepat untuk digabungkan? Regards Telkom University

    Reply
    1. 1

      Ari Usman

      bisa analisis pasar di sekitar kita

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *