Pemilik website atau blog pasti berkeinginan websitenya berada di halaman teratas mesin pencarian misalnya Google. Semakin tinggi tingkat pencarian dalam mesin pencarian tersebut, maka berdampai semakin tinggi trafik yang diterima pada website. Semakin tinggi trafik maka semakin banyak manfaat dari kunjungan yang diterima, misalnya adsense (mendapatkan income dari kunjungan iklan) atau semakin terpublikasinya konten atau produk yang ada di website . Maka dari itu orang berlomba-lomba bagaimana website mereka berada di halaman teratas mesin pencarian tersebut.
Banyak orang banyak membuat konten tetapi tidak significant dalam kunjungan ke websitenya, atau tidak terpengaruh kepada Trafik Pengunjung dalam mesin pencarian. Berikut kita akan mengulas bagaiamana Teknik SEO yang Efektif untuk Meningkatkan Trafik dalam website.
Apa itu SEO? SEO Singkatan dari Search Engine Optimation yang berarti mengoptimalkan Mesin Pencarian. Dimana mesin pencarian yang dimaksud misalnya Google, Bing, dll. Maka artikel ini mengulas bagaimana cara agar website kita bisa berada pada halaman teratas mesin pencarian Google saat user mencari dengan kata kunci.
Mohon menyimak setiap tulisan hingga selesai, karena setiap waktu Google akan memeperbaharui algoritma dalam mesin pencariannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda
Berikut Teknik SEO yang Efektif untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung
Riset Kata Kunci
Sebelum membuat konten ada baiknya kita analisis terlebih dahulu kata kunci pada konten yang akan dibuat. Riset Kata kunci membantu kita menemukan kata kunci yang akan dicari oleh paara pembaca nantinya. Banyak sekali tools yang menyediakan riset kata kuunci ini, misalnya Google Trends bisa langsung klik https://trends.google.com/trends/?geo=ID
Google Trends menyediakan fitur untuk mencari kata kunci yang relefan dan dapat membandingkan satu kata kunci dengan kata kunci yang lainnya. Pencarian bisa berupa lokasi dan jumlah pencarian yang sudah dilakukan orang sebelumnya agar kata kunci yang didapatkan bisa kita gunakan, bahakan Google Trend juga menyiapkan kata kunci yang disarankan.
Membuat Konten yang Menarik
Terkadang kita sibuk membuat konten tetapi tidak menarik bagi pembaca, salah satu ciri konten yang tidak menarik biasanya sepi dari kunjungan. Bagaimana cara membuat Konten yang Menarik? Kita bisa banyak membaca dan menelusuri konten-konten yang ramai pengunjungnya, misalnya konten kecantikan akan ramai dikunjungi para wanita, konten gaming akan ramai dikunjungi oleh para gamers dan sebagainya.
Konten yang menarik biasanya konten yang kekinian, misalnya pemakaian warna dan judul yang menarik mata untuk membacanya. Jangan lupa untuk membuat uraian yang menarik karena uraian yg tak nenarik atau konten yang terlalu singkat juga membuat Google akan enggan membuat website kita berada di peringkat teratas
Membuat Long Tail Keyword
Ada dua jenis kata kunci (keyword) berdasarkan jumlah kata. Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword. Short Tail Keyword terdiri dari satu hingga dua kata dalam pencarian sedangkan Long Tail Keyword merupakan padanan minimal 3 kata kunci dalam pencarian. Misal kita ketik dalam mesin pencarian google “Teknik SEO yang Efektif”
Melakukan Optimasi Gambar
Jika konten kita hanya tulisan tanpa gambar maka orang akan bosan di dalamnya, karena visualisasi gambar itu perlu dalam konten agar pembaca atau pengunjung tidak bosan untuk terus membaca atau mengunjungi website kita. Gambar yang memiliki ukuran yang besar juga menyebabkan pengunjung akan sulit mengakses gambar yang diberikan pada website kita. Agar gambar kita bisa mudah ditampilkan di website, maka ukuran gambar juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu besar ukurannya hingga memakan kuota yang terlalu besar yang digunakan pengunjung atau loading akan terlalu lama.
Melakukan Optimasi Gambar juga akan membuat performa website kita akan menjadi lebih baik dan sehat. Mesin pencari Google kini lebih suka mengindeks file gambar yang berukuran kecil untuk ditayangkan ke mesin pencari.
Optimalkan Internal Link
Internal link, bersama backlink memegang peranan penting dalam optimasi SEO. Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain yang masih berada pada satu website yang sama. Internal link ini berguna untuk membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antar halaman di website. Google sangat mengutamakan website yang kontennya saling terhubung dan caranya adalah melalui internal link. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah-pindah ke halaman lain dalam website untuk membaca konten yang masih berhubungan. Dan tentu saja, hal ini akan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website atau blog kita.
Install Plugin SEO
Install Plugin SEO merupakan langkah yang paling penting bagi kita. Karena plugin SEO membantu dan menuntun kita bagaimana membuat konten yang dapat diindeks oleh mesin pencari. Ada banyak plugin SEO yang diberikan secara gratis, misalnya Yoast SEO, Rank Math, Jetpack SEO dll. Beberapa fitu-fitur yang terdapat dalam plugin SEO diantaranya adalah mengubah title tag dan meta description, mengubah permalink, melihat kesesuaian judul dengan keyword yang diminta dll.
Plugin SEO juga dapat menganalisis konten yang kita buat mulai dari analisis konten unggulan, analisis jumlah kata dalam artikel, sehingga kita dapat dengan mudah membuat konten/artikel yang sesuai dengan kaidah SEO itu sendiri
Memasukkan Website ke Google Search Console
Apa itu Google Search Console? Terkadang website yang baru kita buat lama sekali diindeks oleh google dalam mesin pencarinya, maka salah satu cara untuk mempercepat indeks ke mesin pencari Googlemaka kita perlu memasukkan website kita ke Google Search Console. pada link : Google Search Console