Tak hanya mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat tetapi sebagai dosen harus mampu menghasilkan karya berupa buku, terutama buku ajar. Buku ajar dapat berasal dari hasil penelitian Dosen. Dengan sedikit perubahan tata letak dan gaya bahasanya, maka hasil penelitian dapat diubah menjadi buku ajar yang baik. Pada artikel kali ini duniadosen.com mengulas tentang teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian.
Sebelum ke pembahasan teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian, sebelumnya pahami dahulu macam buku ajar. Berdasarkan dari sumber materinya, buku ajar dibedakan menjadi dua macam. Yaitu, buku ajar yang berasal dari hasil penelitian dan buku ajar yang berasal dari kajian teoretis. Buku ajar dari hasil penelitian disusun berdasarkan hasil penelitian, baik yang dilakukan penulis sendiri atau penelitian yang dilakukan beberapa peneliti lain.
Pengembangan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
- Mencermati semua KD (Kompetensi Dasar) yang akan disusun ke dalam materi ajar
- Menentukan KD yang materinya disusun berdasarkan konsep teoretis dan materi ajar yang disusun berdasarkan hasil penelitian
- Jika KD belum ada pada silabus, perlu ditambah atau mengganti KD tertentu (pembaharuan silabus)
- Menentukan materi ajar pada silabus yang bisa dikembangkan dari hasil penelitian
- Mereduksi hasil penelitian menjadi buku ajar
- Mengubah bahasa laporan penelitian menjadi bahasa baku
- Menggabungkan materi yang berasal dari konsep teoretis dengan hasil penelitian.
Mereduksi Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
Untuk teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian sebaiknya, penulis mereduksi terlebih dahulu laporan atau karya tulis hasil penelitiannya. Reduksi artinya pengurangan dan pemotongan. Sehingga hasil penelitian tidak bisa begitu saja dimasukkan dalam buku ajar, harus dilakukan reduksi dahulu terhadap laporan penelitian untuk menjadi materi dalam buku ajar.
Dalam proses mereduksi laporan penelitian menjadi materi buku ajar terdiri dari kegiatan menyeleksi, menyederhanakan, mengurangi, menyesuaikan laporan penelitian untuk disesuaikan dengan kebutuhan materi ajar. Setelah itu, barulah penulis bisa menerapkan teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian.
Berikut Contoh Penulisan Buku Ajar Dari Hasil Penelitian:
“KONTRIBUSI PERSEPSI TENTANG BIMBINGAN SEKS DAN POLA HUBUNGAN ORANG TUA ANAK TERHADAP PERAN SEKS REMAJA PUTERI DI SLTP KOTA CIREBON”
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
UCAPAN TERIMA KASIH
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Pentingnya Masalah Penelitian
- Anggapan Dasar
BAB II BIMBINGAN SEKS DAN POLA HUBUNGAN ORANG TUA ANAK DALAM KAITANNYA DENGAN PERAN SEKS REMAJA SLTP
- Layanan Bimbingan dan Konseling di SLTP
- Layanan Bimbingan Seks
- Pengertian Bimbingan Seks
- Program Layanan Bimbingan Seks
- Sumber Layanan Bimbingan Seks
- Masalah Hubungan Orang Tua Anak
- Sikap Orang Tua yang Menerima Anak
- Sikap Orang Tua yang Menolak Anak
- Sikap Orang Tua yang Keras
- Peran Seks Remaja Ditinjau dari Pola Hubungan Orang Tua Anak
- Peran Seks
- Pengertian Peran Seks
- Peran Seks Remaja SLTP
- Peran Seks Feminin dan Maskulin
- Macam-macam Peran Seks
- Pembentukan dan Perkembangan Peran Seks
- Jenis Kelamin dan Peran Seks
BAB III PROSEDUR PENELITIAN
- Rancangan Penelitian
- Hipotesis
- Metode Penelitian
- Populasi dan Sampel
- Data dan Alat Pengumpulan Data
- Pengembangan Instrumen
- Analisis Data
BAB IV PELAKSANAAN PENELITIAN, PENGOLAHAN DATA DAN HASIL PENELITIAN
- Persiapan Pengumpulan Data
- Pelaksanaan Pengumpulan Data
- Pengolahan Data
- Rangkuman Hasil Pengolahan dan Analisis Data
BAB V PEMBAHASAN, KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN REKOMENDASI
- Pembahasan
- Kesimpulan
- Implikasi
- Rekomendasi
- Penutup
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Beginilah cara mengubah hasil penelitian di atas menjadi buku teks (pengolahan bahasa ke arah buku teks).
BAB I PENDAHULUAN
- Perkembangan Anak
- Kebutuhan Hidup di Usia Remaja
- Kesehatan Jiwa Remaja
BAB II PERKEMBANGAN KEBUTUHAN SEKSUAL DALAM KEHIDUPAN REMAJA DAN PERMASALAHANNYA
- Peranan Seks dalam Kehidupan Remaja
- Peran Seks Feminin dan Maskulin
- Macam-macam Permasalahan Peran Seks Remaja
BAB III LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN TENTANG SEKS SEHAT
- Program, Isi dan Metode Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Program Layanan Responsif, Perencanaan Individual serta Dukungan Kepada Siswa untuk Mengatasi Masalah Seks.
- Penanaman Nilai Etika Pergaulan dan Agama dalam Upaya Pengendalian Diri Siswa.
BAB IV PERANAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN KEHIDUPAN SEKS SEHAT DI USIA REMAJA
- Pola Hubungan Orang Tua Anak dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya.
- Peran Seks Remaja Ditinjau dari Pola Hubungan Orang Tua Anak.
- Pengaruh Orang Tua Terhadap Pembentukan dan Perkembangan Peran Seks Sehat.
BAB V PENYALURAN KEBUTUHAN SEKS DI USIA REMAJA
- Kesadaran akan Perubahan Diri akan Kematangan Seksual.
- Penanaman Pemahaman akan Peran Seks dalam Kehidupan yang Lebih Luas dan Pemahaman akan Bahaya Kehidupan Seks Bebas.
- Kesungguhan Para Remaja untuk Belajar Agama dan Mengamalkan Ajarannya dengan Disiplin.
Glosarium
Indeks
Daftar Pustaka
Demikian artikel tentang teknik penulisan buku ajar dari hasil penelitian. Kami membuka kesempatan bagi Anda para dosen yang ingin menulis opini maupun informasi terkait dunia perdosenan, silahkan kirim langsung ke email: duniadosenindonesia@gmail.com . Kami tunggu partisipasi Anda.
(*)
Referensi:
Buku Cara Praktis Menulis Buku oleh AN. Budi Utama.
Materi Workshop Penulisan Buku Ajar bagi Dosen Kopertis VI Angkatan I oleh Markhamah, Kopertis Wilayah VI Semarang.