Zaman sekrang ini orang-orang pasti tidak asing lagi dengan kata Digital Marketing. Ditambah lagi dengan bertaburannya para Konsultan Digital Marketing mempromosikan keahliannya di media sosial baik di Facebook, Instagram, Youtube dan media sosial lainnya.
Ada yang menawarkan pelatihan Digital Marketing, ada yang menawarkan Uji Kompetensi Digital Marketing, ada juga menawarkan Konsultan Digital Marketing baik dari Medan, Yogyakarta, Jakarta dan sebagainya.
Kali ini saya sebagai Konsultan Digital Marketing Medan menginformasikan kepada para pembaca apa saja batasan yang dibahas dalam metode Digital Marketing.
Beberapa Point Konsep Digital Marketing
Berikut saya akan paparkan beberapa uraian yang dibahas dan dilatih dalam metode Digital Marketing. Inilah yang biasanya kami berikan pelatihan kepada peserta pelatihan DIgital Marketing.
1. Konsep Dasar Digital Marketing
Dalam pembahasan konsep digital marketing ada beberapa hal yang dibahas
a. Konsep Dasar Marketing
b. Perbedaan Marketing Konvensional Versus Digital marketing
c. Mindset Digital Bisnis
d. Mekanisme, Platform, Tools, Strategi, Aturan dan Lingkungan Sosial terkait Dengan digital marketing
2. Perencanaan Bisnis dan Analisa Digital
Dalam pembahasan perencanaan bisnis dan analisa digital ada beberapa hal yang dibahas
a. Perencanaan Bisnis
b. Proses Analisis Data Pemasaran
c. Teknik Pengumpulan data pemasaran secara digital
d. Teknik Analisis trend
e. Teknik Analisis kompetitor
f. Teknik Analisis audience target
3. Bauran Pemasaran atau Marketing Mix
Dalam pembahasan bauran pemasaran atau marketing mix ini ada beberapa hal yang dibahas
- Penentuan Produk
- Penetapan Harga
- Penentuan Saluran Distribusi
- Perencanaan promosi
4. Social Media Marketing
Dalam pembahasan social media marketing ini ada beberapa hal yang dibahas
- Perbedaan penggunaan berbagai social media yang berkaitan dengan bisnis.
- Jenis periklanan berbasis social media
- Karakteristik laman setiap social media yang digunakan
- Penggunaan fitur-fitur khas sosmed untuk kegiatan pemasaran digital.
5. Marketplace untuk Media Marketing
Dalam pembahasan marketplace untuk media marketing ada beberapa hal yang dibahas
- Perbedaan antara electronic Marketplace vs Tradisional Marketplace.
- Jenis-jenis marketplace.
- Penggunaan marketplace yang sesuai untuk melakukan pemasaran
- Membuat akun seller di marketplace
6. Desain dan Merancang Konten Digital Marketing
Dalam pembahasan desain dan merancang media konten digital marketing ada beberapa hal yang dibahas
- Pembuatan konsep dan tujuan serta perencanaan yang lebih spesifik.
- Mengumpulkan bahan materi konten (animasi, gambar, foto, music, video).
- Pembuatan konten digital dengan peralatan (tools) yang sesuai.
- Percobaan dan pendistribusian materi konten.
7. Merancang Strategi Konten
Dalam pembahasan strategi konten ada beberapa pokok yang dipelajari
- Pembuatan content writing
- Perancangan materi konten dari sisi waktu.
- Penggunaan clickbait pada media sosial.
- Perancangan materi konten
- Penentuan Tujuan dan Rancangan konten
8. Merencanakan Konten Halaman Website
Dalam pembahasan perencanaan konten halaman website kami membahas
- Perencanaan tujuan mobile application
- Perencanaan struktur mobile application
- Perancangan User Experience dalam pembuatan mobile application
- Perencanaan Layout dengan desain User Interface.
- Pengujian performance dan konsistensi
- Perencanaan konten gambar dan animasi menggunakan After Effect
9. Photo Produk Digital Marketing
Dalam pembahasan photo produk kami berikan pengajaran
- Alur kerja produksi dalam photography
- Camera digital atau peralatan lain yang akan digunakan.
- Segitiga exposure
- Teknik komposisi letak
- Teknik komposisi warna
- Editing dan Sentuhan digital untuk hasil akhir
10. Videography
Dalam pembahasan videography kami berikan pemahaman
- Alur kerja produksi dalam pembuatan video untuk social media.
- Camera Video yang akan digunakan.
- Pencahayaan yang sesuai baik indoor maupun outdoor.
- Teknik menggerakkan kamera dalam videography
- Teknik transisi tiap adegan.
- Teknik editing akhir yang baik
11. Budgetting Periklanan
Dalam pembahasan budgetting periklanan kami sampaikan
- Perencanaan periklanan di media sosial
- Penentuan target market periklanan di media sosial
- Penentuan biaya periklanan di media social
- Membuat laporan periklanan
- Merencanakan periklanan selanjutnya
- Menentukan periklanan potensial
12. Google My Bussiness (GMB) dan Landing Page
Tahap Google My Bussiness dan Landing Page ini kami sampaikan
- Google Bisnisku dan manfaatnya
- Penggunaan Google Bisnisku untuk membuat profil dan situs bisnis
- Intepretasi hasil analisa Google Bisnisku
- Membuat Bisnis Site yang berisikan produk dan jasa
- Membuat backlink di Google Site
13. Konsep SEO, Mengukur Kinerja SEO dan Melakukan Optimasi SEO
Tahap konsep SEO, mengukur kinerja SEO dan melakukan optimasi SEO kami jabarkan
- Definisi, cara kerja SEO (Crawling, Indexing, Serving), perbedaan SEO On Page dan Off Page dan jenis SEO : On Page, Off Page
- Pengukuran kinerja SEO Optimasi On-page SEO pada Website
- Optimasi Off-page SEO pada Website
Itulah beberapa pembahasan terkait Digital Marketing, pembahasan di atas adalah pembahasan menyeluruh tentang digital marketing. Apakah Anda telah siap memasarkan produk anda di dunia digital, jika anda mampu maka anda bisa dikatakan seorang DIGITAL MARKETER.
jika belum yakin dengan ilmu Digital Marketing, ayo kita perdalam dalam pelatihan digital marketing segera hubungi WA : 0853-6058-6235 Untuk uji kompetensi Digital Marketing silahkan langsung kunjungi Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital atau yang biasa disebut LSP TD
Saat ini kami telah menyediakan pelatihan secara online dan uji kompetensi secara online menggunakan platform zoom meeting.
Mari kita tingkatkan pengetahuan tentang Digital Marketing. Salam persahabatan dari saya Ari Usman Chaniago – 085360586235