Ari Usman Chaniago
Berbagi itu Indah
Setiap insan pasti tidak akan asing dengan kata visi dan misi, baik untuk kehidupan pribadi maupun organisasinya. Untuk itu dalam menyusun visi dan misi maka harus diketahui terlebih dahulu apa itu visi, misi, tujuan, sasaran dan program perusahaan. Tujuannya untuk berkelanjutan dan meningkatkan kestabilan perusahaan tersebut. Maka di sini saya berusaha berbagi agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan visi, misi, tujuan, sasaran dan program perusahaan tersebut.
Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini yang menjangkau masa yang akan datang (Akdon, 2006:94).
RUMUSAN VISI YANG BAIK SEHARUSNYA MEMBERIKAN ISYARAT :
Misi adalah pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan di masa datang (Akdon, 2006: 97). Pernyataan misi mencerminkan tentang penjelasan produk atau pelayanan yang ditawarkan.
Misi menawarkan kesempatan bagi setiap organisasi untuk menentukan usaha dengan jelas, menyatakan tujuan keseluruhan dan menunjukkan keunikannya atau kompetensi (Davies dan Glaister, 1997; 594).
Banyak penulis telah mencatat pentingnya pernyataan misi untuk mengarahkan dan membimbing strategi organisasi. Nilai pernyataan misi sebagai alat pemasaran internal yang juga telah diakui.
Stakeholder internal, manajer dan karyawan lain perlu titik referensi untuk menjelaskan tujuan dan filosofi organisasi. Dengan cara ini mereka dapat membantu memastikan arah perusahaan yang konsisten di seluruh organisasi yang lebih besar (Tolle, 1988; Davies dan Glaister, 1997; 595). Memang, bahwa nilai pernyataan misi di banyak organisasi terutama sebagai perangkat internal, membantu manajer untuk menegaskan kepemimpinan mereka dan memberikan motivasi bagi karyawan (Klemm, Sanderson dan Luffman, 1991; Davies dan Glaister, 1997; 595)
Pentingnya pernyataan misi kepada manajemen strategis yang efektif dari organisasi bisnis didokumentasikan dengan baik dalam literatur . Pernyataan misi adalah ekspresi umum tujuan utama dari sebuah organisasi yang , idealnya , sejalan dengan nilai-nilai dan harapan pemangku kepentingan utama .
Pernyataan misi yang dianggap memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan . Hal ini mungkin menjelaskan mengapa mereka begitu populer meskipun kurangnya kesepakatan tentang tujuan dan isinya. Empat dari keuntungan yang paling sering dikutip adalah ( Bartkus , Glassman dan McAfee , 2000; 24 ) :
1. Untuk berkomunikasi arah dan tujuan perusahaan.Sebagian merasa bahwa hanya dengan memiliki pernyataan misi perusahaan dapat mengembangkan koheren tujuan jangka pendek dan jangka panjang , tujuan dan rencana . Dengan membaca pernyataan misi perusahaan , karyawan , pemegang saham dan pelanggan akan tahu mana perusahaan isheaded .
2 . Untuk melayani sebagai mekanisme kontrol untuk menjaga perusahaan “agar tetap di jalur . “
Pernyataan misi membantu menjaga perusahaan dari berkelana ke bisnis terkait dan mengejar tujuan yang tidak terkait . Mereka melayani sebagai batas baris untuk membuat keputusan .
3. Untuk membantu dalam membuat berbagai keputusan sehari – hari .Ketika keputusan rutin baru atau non perlu dibuat , pernyataan misi dapat digunakan sebagai kriteria keputusan , kemudi karyawan ke arah yang benar.
4. Untuk menginspirasi dan memotivasi karyawan .Pernyataan misi memberi makna untuk bekerja dan memberikan rasa tujuan bersama . Mereka membantu pekerja mewujudkan tujuan yang lebih luas dari upaya mereka dan mendorong mereka untuk menempatkan tujuan itu menjelang diri mereka sendiri – kepentingan .
Misi merupakan tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. Jadi misi merupakan penjabaran visi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan visi. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.
Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi, tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Penetapan tujuan pada umumnya didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi. Tujuan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif, akan tetapi harus dapat menunjukkan kondisi yang ingin dicapai dimasa mendatang (Akdon, 2006:143). Tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan misi, oleh karena itu tujuan harus dapat menyediakan dasar yang kuat untuk menetapkan indikator. Pencapaian tujuan dapat dijadikan indikator untuk menilai kinerja sebuah organisasi.
Tujuan adalah untuk menggambarkan arahan yang jelas bagi organisasi. Perumusan tujuan akan strategi/perlakuan, arah kebijakan dan program suatu organisasi. Oleh karena itu perumusan tujuan harus memberikan ukuran lebih spesifik dan akuntabel.
Sasaran adalah target yang terukur sebagai indikator tingkat keberhasilan dari tujuan yang telah ditetapkan
Program merupakan implementasi dari visi, misi dan tujuan. Program yang dimaksudkan dalam makalah ini adalah program operasional. Program operasional didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan yang dihimpun dalam satu kelompok yang sama secara sendiri-sndiri atau bersama-sama untuk mencapai tujuan dan sasaran (Kdon, 2006:135). Program merupakan kumpulan kegiatan nyata, sistematis dan terpadu, dilaksanakan oleh satu instansi pemerintah atau lebih ataupun dalam rangka kerja sama dengan masyarakat atau yang merupakan partisipasi aktif masyarakat guna mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Wujud nyata sebuah organisasi adalah adanya program operasional yang akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan.
Oleh Bonagres Siallagan
HR Strategic and Training Manager
Mikie Holiday Resort
Sumber : Dari Berbagai Buku dan Jurnal, antara lain :
STRATEGIC PLANNING IN THE PUBLIC SECTOR CASE STUDY: STRATEGIC PLANNING IN CLUJ-NAPOCA, ROMANIA
Călin C. HINŢEA
Associate Professor, Public Administration Department,Faculty of Political, Administrative and Communication Sciences,Babeş-Bolyai University, Cluj-Napoca, Romania
MISSION STATEMENTS OF SOCIALLY RESPONSIBLE FIRMS: A CONTENT ANALYSIS
Refika BAKOGLU; Marmara University, Turkey
Bige ASKUN; Marmara University, Turkey
The Relationship between Strategic Planning and Firm Performance
Robert Arasa, PhD
Senior Lecturer School of Management and Commerce Strathmore University Nairobi-Kenya.
Professor Peter K’Obonyo
Deputy Principal College of Humanities and Social Sciences Department of Business Administration University of Nairobi Nairobi-Kenya.
STRATEGY AND THE STRATEGY FORMATION PROCESSArnoldo C. Hax
Nicolas S. Majluf
Sloan School of Management
zulhan
artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih penjelasannya
Visit UMA
Visit P2MAL
Kampus Terbaik Lampung
infonya bermanfaat, makasih kak
Ari Usman
sama-sama semoga bermanfaat
Kampus Terbaik Lampung
makasih kak, membantu banget
STT Ekklesia
Artikel sangat ilmiah, edukatif, bermanfaat dan mudah sekali dimeng erti sehingga mudah untuk diimplemnentasikan dalam institusi.
Thanks Bang Ari Usman.. 🙏
Ari Usman
sama-sama kak
Duway
Thank you for nice information
Visit Mywebsite
https://uhamka.ac.id/
Ari Usman
Thanks Admin UHAMKA
Print A0
Terima kasih atas informasinya
Print A0 A1 A2
https://vavadacasino.onepage.website/
Thanks for sharing your thoughts about Konsultan Digital Marketing.
Regards
Review my web blog https://vavadacasino.onepage.website/
casinovavada.blogspot.com
I’ve larn several good stuff here. Definiterly price bookmarking for
revisiting. I surprise how a lot effort you put
to make this sort of excellent informative website.
Here is my wweb site: casinovavada.blogspot.com
Telkom University
Bagaimana kita dapat mengukur pencapaian visi ini melalui indikator yang jelas dan terukur? Visit Us Telkom University
Telkom University
hello