Cara Live Streaming Webex ke Youtube
June 11, 2020 2 Comments Ari Usman,For Your Information admin

Selama masa pandemik semua instansi pendidikan dan yang lainnya menggelar acara webinar atau biasa disebut dengan seminar online. Banyak aplikasi yang menawarkan untuk mempertemukan peserta dalam suatu event. Ada Zoom Meeting, Google Meet, Jitsi, Cisco Webex dll.

Setelah saya posting live streaming zoom ke Youtube dan Facebook (Baca di sini : Cara Live Streaming Youtube Facebook dan lainnya dari Aplikasi Zoom ). Ada yang bertanya “Bagaimana kalau menggunakan Aplikasi Cisco Webex pak Ari?” saya pun menjawab, “Insya Allah akan saya posting di website saya nantinya”.

Alhamdulillah baru sempat buat artikelnya kali ini karena belakangan sering buat webinar (diantara Record : International Seminar Department of Communication, Faculty of Social Sciences Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Rekaman : WEBINAR 03 IKOM UINSU , Rekaman : WEBINAR NASIONAL HARMONI 1 dll).

Alhamdulillah banyak yang antusia dan percaya saya yang mengelolanya. Memang selama ini saya gunakan aplikasi untuk webinarnya dan upload juga ke Youtube karena orang pasti ingin melihat rekaman videonya.

Kali ini kita bahas Live Streaming Cisco Webex ke Youtube, ayo kita simak besama-sama:

Host dapat melakukan streaming rapat Webex atau acara mereka di YouTube dengan YouTube Live, tanpa mengunduh atau memasang plug-in apa pun. Ini memungkinkan host untuk terhubung dengan audiens besar di media sosial dengan mudah berbagi video dan konten mereka menggunakan kontrol Webex.

Sebelum memulai

Berlaku untuk:


Administrator Webex Anda harus mengaktifkan streaming langsung .

Anda harus memiliki akun Google untuk masuk ke YouTube. Streaming langsung harus diaktifkan untuk saluran YouTube Anda.

BACA JUGA :  10 Knowledge Area (Unit Kompetensi) seorang Project Manager

Mengaktifkan streaming langsung untuk pertama kali mungkin membutuhkan waktu hingga 24 jam.

Pastikan bahwa Anda telah masuk ke YouTube Live dan menjadi terbiasa dengan proses streaming langsung dengan baik sebelum Anda ingin menyiarkan langsung rapat atau acara Anda.

1Masuk ke YouTube dengan akun Google Anda.
2Di sudut kanan atas, buka Buat video dan lainnya, lalu klik Buka .
3Klik Aliran > Aliran baru .
4Isi formulir dan klik CREATE STREAM .Anda melihat kunci aliran dan URL aliran. Anda harus menyalin dan menempel ini di Langkah 7.
 Klik tombol Bagikan untuk mendapatkan tautan untuk membagikan streaming langsung dengan audiens Anda.
5Masuk ke situs Webex Anda, mulai rapat atau acara, buka Opsi lainnya  , dan klik Mulai streaming langsung .Streaming langsung tidak tersedia selama sesi latihan dalam suatu acara.
6Pilih Layanan streaming lainnya .
7Masukkan berikut:Untuk layanan Streaming , masukkan YouTube Live.Untuk tautan stream Target , salin dan tempel URL stream dari Langkah 4.Untuk tombol stream Target , salin dan tempel tombol stream dari Langkah 4.
8Klik Mulai streaming untuk mulai streaming dari Rapat atau Acara Webex.Untuk mengonfirmasi bahwa Anda streaming dari Rapat atau Acara Webex, periksa indikator Langsung di sudut kanan atas rapat atau acara Anda.
9Saat Anda siap untuk mulai mengalirkan rapat atau acara Anda di YouTube, kembali ke YouTube, dan tunggu sampai Anda melihat pratinjau aliran langsung rapat atau acara Anda.
10Saat Anda melihat pratinjau streaming langsung, klik Go Live di kanan atas layar.Sekarang Anda dapat melihat streaming langsung rapat atau acara di saluran YouTube Anda.Klik Bagikan di bawah video untuk membagikan video langsung dengan orang lain.

Apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Saat Anda ingin mengakhiri streaming langsung:

  • Kembali ke YouTube Studio dan pilih End Stream > End .
  • Kembali ke rapat atau acara Anda, pilih Opsi Lainnya  , lalu pilih Berhenti streaming .
BACA JUGA :  Ciri-Ciri Buku Ajar yang Baik, Wajib Tahu!
Tags
About The Author
Leave Comment
  1. 1

    Adin Ikhwan

    kalau mau streaming ke facebook dari skype gimana caranya ya? makasih

    Reply
    1. 1

      admin

      baik nanti kita cek apakah bisa live juga

      Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *