HORE …. INI DIA 5 KIAT SUKSES S3 LULUS TEPAT WAKTU
May 6, 2021 No Comments Ari Usman,For Your Information admin

Ditulis oleh :  ROMI SATRIA WAHONO ON 27 MAY, 2020

Capek baca sana sini literaturkan??? Sebelum copas artikel pak Romi ini saya suka gamang mau lanjut S3, karena ga tahu nanti mau ngapain???

Udah capek bolak-balik bantal eh kok bantal ya… eh kembali ke topik.

Udah lama cari-cari artikel pak Romi alhamdulillah beliau menuliskannya khusus untuk S3. Alhamdulillah artikel ini bisa membangkitkan ghairah (ceeeiilleee) belajar S3 bangkit kembali. Yok kita baca sama-sama biar kita tamat sama-sama.

Terima Kasih kepada pak Romi yang telah berbagi kiat Sukses S3 lulus tepat waktu dalam artikel ini, semoga Allah melapangkan rezeki dan ilmunya… Aamiin

berikut artikel beliau –>

I have not failed, I have just found 10,000 ways that won’t work … (Thomas Alva Edison)

Hidup saya pernah ribet gara2 salah pilih topik penelitian. Saya nggak persiapkan dulu semua sebelum penelitian saya mulai, ketersediaan dataset, cara pengukuran penelitian, dan juga target publikasi. Selesai dan bisa publikasi? Ya, tetap berhasil melakukan penelitian dan publikasi, tapi kalau dilihat lagi, banyak waktu dan energi saya terbuang untuk hal yang nggak penting. Sebenarnya kalau cara saya efektif dan efisien, dalam waktu yang sama, lebih banyak kontribusi ke pengetahuan dan publikasi ilmiah yang bisa saya lakukan. Saya juga kurang bisa menjalin komunikasi secara cerdas dan efektif dengan supervisor saya. Secara umum, saya banyak belajar dari jalan perdjoeangan saya ini, dan ini jadi pembelajaran terbaik untuk saya di kemudian hari.

Di program Ph.D saya yang kedua, saya lebih efisien dan efektif bergerak. Cara saya sistematis mulai dari memilih topik, melakukan literature review, merangkumkan state-of-the-art methods, memilih masalah penelitian, menyusun research question, dan saya tahu sebelum melakukan penelitian, bagaimana cara saya mengukur hasil eksperimen saya. Saya perbaiki gaya dan cara saya berkomunikasi dengan supervisor, saya lebih intensif dan komprehensif ketika melakukan progress report atau menguraikan alur penelitian yang saya lakukan. Dan akhirnya, saya bisa selesaikan program Ph.D dalam 4 semester, dengan total 8 publikasi ilmiah (5 journal dan 3 conference).

BACA JUGA :  MENYUSUN VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN PROGRAM PERUSAHAAN

Ini bahasan materi saya kali ini. Membahas bagaimana mempersiapkan semua supaya studi S3 atau juga bisa untuk studi S2 supaya lancar dan tepat waktu, dengan kualitas penelitian tetap tinggi. Secara umum materi saya siapkan khusus untuk bidang computing, meskipun karena penelitian sifatnya generik, pengalaman ini bisa digunakan juga untuk bidang lain.

Download slide: romi-rm-5kiats3-may2020.pdf

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *