Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik 2021 (LPDP)
April 29, 2021 No Comments Ari Usman,For Your Information admin

S E K A P U R S I R I H

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan bersinergi dalam menyediakan beasiswa pendidikan pascasarjana tahun anggaran 2021. Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah yaitu mewujudkan “SDM Unggul Indonesia Maju”. Beasiswa yang disediakan berupa beasiswa pendidikan program magister dan doktoral untuk dosen pada Perguruan Tinggi Akademik (PTA). Program beasiswa ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualifikasiakademik dosen.

APA ITU BEASISWA PENDIDIKAN DOSEN PTA?

Beasiswa Pendidikan Dosen PTA diperuntukkan
bagi:

  • untuk beasiswa magister, dosen tetap pada PTA di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memiliki Nomor Urut Pengajar Nasional (NUPN), dan telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1); dan
  • untuk beasiswa doktoral, dosen tetap pada Perguruan Tinggi Akademik di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan telah menyelesaikan studi program magister (S2).

SEPERTI APA SKEMA BEASISWA PENDIDIKAN DOSEN PTA?

Beasiswa Pendidikan Dosen PTA diberikan untuk jenjang pendidikan:

  • magister satu gelar (single degree)dengan durasi studi paling lama 24 (duapuluh empat) bulan.
  • doktoral satu gelar (single degree) dengandurasi studi paling lama 48 (empat puluhdelapan) bulan.
  • magister joint degree/dual degree dengandurasi studi paling lama 24 (dua puluhempat) bulan; dan
  • doktoral joint degree/dual degree dengandurasi studi paling lama 48 (empat puluhdelapan) bulan.

Pendaftar Beasiswa Pendidikan Dosen PTA wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi
Tujuan dalam negeri atau luar negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi Tujuan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendaftar Beasiswa Pendidikan Dosen PTA tidak dapat mengajukan perpindahan program studi dan Perguruan Tinggi Tujuan tanpa persetujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

BACA JUGA :  Beasiswa Penuh S1 Jepang, dengan Uang Saku 18 Juta Perbulan, Deadline 21 Feb 2020

Pendidikan program magister joint degree/dual degree dan program doktoral joint degree/dual degree dilaksanakan di 2(dua) perguruan tinggi, yaitu perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang bekerjasama untuk menyelenggarakan program tersebut, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • untuk program magister joint degree/dual degree, tahun ke-1 ditempuh di perguruan tinggi dalam negeri, sedangkan tahun ke-2 ditempuh di perguruan tinggi luar negeri pola 1+1);
  • untuk program doktoral joint degree/dual degree, tahun ke-1 ditempuh di perguruan tinggi dalam negeri, tahun ke-2 dan ke-3 ditempuh di perguruan tinggi luar negeri, dan pada tahun ke-4 penerima beasiswa
  • kembali ke perguruan tinggi dalam negeri untuk menyelesaikan disertasinya (pola 1+2+1);
  • apabila penerima beasiswa program magister joint degree/dual degree atau program doktoral joint degree/dual degree tidak dapat memenuhi persyaratan masuk ke perguruan tinggi luar negeri yang bekerjasama dalam penyelenggaraan program tersebut maka pendidikan akan sepenuhnya ditempuh di perguruan tinggi dalam negeri sesuai durasi maksimal
  • beasiswa; dan
  • selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri, komponen pendanaan yang diberikan kepada
  • penerima beasiswa disesuaikan dengan komponen pendanaan yang ditetapkan bagi program yang sama di dalam negeri, sedangkan komponen pendanaan yang diberikan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi luar negeri disesuaikan dengan komponen pendanaan yang ditetapkan bagi program yang sama di luar negeri.

Bersama ini kami sampaikan pengumuman terkait Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik 2021 (LPDP) beserta Checklist persyaratan pengajuan izin mengikuti seleksi beasiswa.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami sampaikan terima kasih.

Pengumuman lengkap dan checklist

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *