Mendikbud Berubah Menjadi Mendikbud-Ristek
April 28, 2021 No Comments Ari Usman,For Your Information admin

JAKARTA, Rabu 28/4/2021 Presiden Joko Widodo Melantik Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim yang sebelumnya beliau menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Nadiem berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo usai dilantik sebagai Mendikbud-Ristek.

Nadiem menyebut, riset dan teknologi merupakan hal yang sangat dekat dengan dirinya, bahkan sebelum ia masuk ke pemerintahan.

“Riset dan teknologi adalah suatu hal yang sangat dekat di hati saya, merupakan hal yang sudah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas ini di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Nadiem di Istana Negara

Nadiem mengaku, dirinya punya harapan besar untuk meningkatkan kualitas dan inovasi riset serta teknologi di perguruan tinggi di Indonesia. Ia ingin para civitas akademika di Tanah Air melakukan riset sebanyak-banyaknya.

“Saya menginginkan sebanyak mungkin murid-murid kita, mahasiswa kita, dan dosen-dosen kita melakukan penelitian dan melakukan program-program seperti Kampus Merdeka di dalam badan-badan di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional),” ujar Nadiem.

Belajar melalui riset, proyek-proyek sosial, magang di suatu industri, hingga pertukaran pelajar, kata Nadiem, searah dengan visi Presiden Jokowi mengenai Merdeka Belajar.

Hal ini juga selaras dengan link and match serta peningkatan kemampuan mahasiswa dalam perguruan tinggi. Nadiem mengatakan, penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi menjadi kabar gembira bagi para perguruan tinggi. Sebab, kini riset dan transformasi pendidikan ada pada satu pintu kementerian, sehingga para rektor akan semakin mudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Jadi terima kasih sekali untuk amanah ini dan akan saya kerjakan sebaiknya,” kata Nadiem. “Ini merupakan suatu tantangan baru yang pasti dan pasti amanah ini akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan dengan hati nurani yang tulus,” tuturnya.

BACA JUGA :  N G A J I

Untuk diketahui, Kemendikbud-Ristek merupakan peleburan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Nadiem semula menjabat sebagai Mendikbud terhitung sejak awal pembentukan Kabinet Indonesia Maju. Sementara, Menristek semula dijabat oleh Bambang Brodjonegoro. Pelantikan Nadiem digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021) bersamaan dengan dilantiknya Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Sumber : Kompas.com

Tags
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *